Masyarakat Belitung Timur Protes Konversi Hutan Adat

Ribuan warga dari 34 desa di Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, bersama dengan Forum Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), menggelar aksi damai di depan kantor DPRD Belitung Timur, Rabu (27/11/2013). Para demonstran bersatu dalam menentang penerbitan Keputusan Menteri Kehutanan yang memungkinkan lahan dan hutan adat dikonversi menjadi hutan tanaman industri (HTI). “Penerbitan Keputusan ini direkomendasikan oleh Bupati Belitung Timur dan Gubernur Bangka Belitung,” kata Direktur Walhi Bangka Belitung Ratno Budi.

Dia mengatakan bupati dan gubernur telah merekomendasikan penerbitan SK tersebut pada tahun 2009. Keputusan tersebut dikeluarkan oleh Departemen Kehutanan dan memberikan hak kepada tiga perusahaan, yaitu, PT Indo Sukses Lestari, PT Greenland Diorama dan PT Andalan Pertiwi, anak perusahaan dari perusahaan minyak kelapa sawit Sinar Mas Group, I dengan izin pengolahan lahan masing-masing perusahaan sebesar 10.045 hektare (ha), 9.485 ha dan 29.485 ha.

“Kami menuntut pemerintah mencabut keputusan tersebut dan mengembalikan baik lahan dan hutan adat kepada masyarakat setempat,” kata Ratno. Ardian, salahsatu anggota DPRD, mengatakan DPRD meminta tiga perusahaan tersebut untuk menghentikan kegiatan konversi mereka sesegera mungkin. “Kami juga telah sepakat untuk terus mendorong Kementerian Kehutanan untuk mencabut SK tersebut,” katanya.

Hutan Adat Belitung Timur

Kawasan Hutan Adat Belitung Timur

Yanto, seorang sesepuh desa dan perwakilan warga, Belitung Timur, mengakui bahwa sertifikat .kepemilikan tanah belum ada atas tanah tersebut  Namun Yanto berkata “Bagaimanapun kami telah menanam tanaman seperti karet dan lada hitam di tanah adat tersebut selama puluhan tahun”. Hal ini dikemukakannya sekaligus dengan resiko yang akan terjadi terhadap kehidupan masyarakat jika perusahaan diizinkan untuk mengkonversi lahan.

Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Google+2Share on LinkedIn0Pin on Pinterest0Share on StumbleUpon0Flattr the authorDigg this

2 thoughts on “Masyarakat Belitung Timur Protes Konversi Hutan Adat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>