Pengendalian Penyakit Pada Guppy

Guppy sedikit rentan terhadap penyakit,hal ini biasa terjadi karena kurangnya perhatian terhadap pemeliharaan dan perawatan guppy, penyakit tersebut bisa terjadi oleh serangan jamur atau parasit. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang menyerang guppy dan penanggulangannya.

Jamur Mulut

Penyakit ini termasuk sering menyerang guppy. Gejala penyakit yang disebabkan oleh serangan jamur ini adalah munculnya area berwarna putih di sekitar mulut guppy. Lama kelamaan mulut guppy memutih sperti spon. Jika dibiarkan guppy akan mati. Penyakir ini dapat di obati dengan memberikan Aeromicyn sebanyak 250 gram per 20 liter air akuarium.

Jamur Mahkota

Jamur mahkota adalah jamur yang menyerang kepala guppy. Gejala penyakit ini adalah munculnya spons berwarna putih pada kepala guppy. Serangan penyakit ini dapat membunuh guppy dalam waktu 3 hari bila tidak di tanggulangi. Pengobatannya dapat dilakukan dengan memberikanĀ  Aeromicyn sebanyak 100 gram per 10 liter air akuarium.

Jamur pada Sirip dan Ekor

Gejala serangan penyakit ini ditandai munculnya warna abu-abu dan luka gores pada ekor dan sirip ikan. Agar penyakit ini tidak berkembang, suhu air dalam akuarium harus dinaikkan dengan menggunakan heater hingga mencapai 32Ā° C. Pengobatannya dilakukan dengan memberikan 2cc Methylene Blue ke dalam akuarium berukuran 40 x 40 x 60 cm.

Jamur pada Insang

Serangan jamur pada insang menyebabkan warna pada insang guppy menjadi lebih merah dari biasanya dan tutup insang terangkat sehingga insang dapat terlihat dengan jelas. Guppy yang terserang penyakit ini biasanya bertubuh kurus, meskipun nafsu makannya tidak berkurang. Pengobatan jamur pada insang dapat dilakukan dengan memberikan larutan kombinasi Aeromicyn sebanyak 100 gram dan Terramicyn 100 gram ke dalam 20 liter air akuarium.

Penyakit Tubercolusis

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium piscium. Penyakit tubercolusis biasanya menyerang saat guppy dalam keadaan lemah akibat kualitas dan pakan yang buruk serta serangan penyakit yang lain. Gejala penyakit ini tampak dari tubuh yang terlihat kurus dan gerak yang kurang kincah. Pengobatannya dapat dilakukan dengan memberi Terramicyn dengan dosis sesuai petunjuk kemasan.

Kutu Ikan

Penyakit ini disebabkan oleh parasit Copepoda atau biasanya parasit Argulus.sp. Guppy yang terserang penyakit ini akan menjadi lemah dan tidak nafsu makan. Pengobatannya dilakukan dengan memberikan empat tetes kalium permanganate (PK) ke dalam 20 liter air akuarium perminggu. Dalam waktu 3-4 minggu biasanya penyakit kutu ikan ini sudah dapat disembuhkan.

Itulah sebagian penyakit ikan guppy dan penanggulangannya yang saya ketahui, apabila dirasa kurang dapat anda tambahkan dengan komentar komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *