Brebes Mulai Ekspor Bawang Merah Ke Thailand dan Philipina

Anjloknya harga bawang merah di pasaran lokal saat ini, membuat para pengusaha bawang di Brebes mulai melirik pasar ekspor khususnya ke Thailand dan Philipina.

Pada hari Jumat yang lalu (10/10/2014) mereka mulai melakukan pengiriman tahap pertama sebanyak 170 ton yang disaksikan oleh ibu Srie Agustina, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementrian Perdagangan, di gudang bawang merah, Desa Klampok, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah.

Bawang

Bawang Merah Brebes saat ini mulai menembus pasar ekspor

Bawang merah yang hendak diekspor ke Thailand serta Philipina tersebut merupakan produk Brebes namun untuk bibit masih menggunakan produk dari luar, yakni dari Thailand serta Philipina. Hasil dari panen bawang ini sengaja dikirim kembali keluar negeri karena saat ini kurang cocok dengan kondisi pasar dalam negeri dimana harga sedang turun drastis.

“Saat ini Brebes masih menjadi basis produksi bawang nasional, walaupun bibit bawang tersebut berasal dari Philipina. Namun dengan ditanam di Indonesia maka hal ini menguntungkan petani kita, sehingga kita tetap bangga,” ungkap Srie Agustina.

Srie menambahkan, bahwa para pengusaha sebaiknya menjaga keseimbangan antara ekspor dan impor bawang merah. Srie menginginkan pengusaha yang mengimpor wajib mengekspor juga. “Meskipun saat ini permintaan bawang Indonesia oleh pasar luar negeri belum besar. Akan tetapi, hal tersebut dapat disiasati dengan mengirim bawang merah yang sudah dalam bentuk olahan seperti bawang goreng dan sejenisnya,” tambahnya.

Beni Santoso, pengusaha ekpsor dan impor bawang merah di brebes mengatakan, pihaknya saat ini sudah menyiapkan 900 ton bawang yang akan di ekspor ke luar negeri secara bertahap. “Permintaan dari pasar luar negeri saat ini mencapai 2500 ton pertahunnya, namun saat ini kita hanya mampu mencukupi sekitar 1500 ton saja,” kata Beni.

Bawang merah yang diekspor kali ini merupakan pembelian pengusaha dari para petani dengan harga yang mencapai Rp 10.000 – Rp 12.500 per kgnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *