Guppy (Poecilia reticulate)

Guppy berasal dari keluarga Poeciliidae. Ikan ini pertama kali ditemukan di Venezuela, Guyana, dan sebagian kepulauan Karibia pada tahun 1859 oleh Wilhem C.H. Peters, seorang ahli ilmu ikan berkebangsaan Jerman. Awal ditemukannya, ikan hias ini diberi nama ilmiah Lebistes reticulate, lalu diubah kembali menjadi Poecilia reticulate. Nama guppy sendiri diberikan sebagai penghormatan kepada Robert John Lechmere Guppy yang berjasa menemukan jenis guppy baru dengan warna yang lebih indah daripada guppy-guppy yang telah ada sebelumnya.

Daya tarik guppy terletak pada ukurannya yang mungil dan warnanya yang indah. Di habitat aslinya, ikan ini tumbuh dan berkembang diperairan tawar dan beberapa diantaranya juga ada yang hidup diperairan payau. Diawal penyebarannya di Singapura, guppy digunakan untuk mengontrol populasi nyamuk di rawa hutan bakau. Pada perkembangannya, guppy liar terus berkembang biak di tempat umum seperti saluran air, got, sungai, dan kanal.

Leopard Guppy

Guppy Leopard, salah satu jenis guppy yang sangat diminati

Guppy merupakan ikan yang membuahi telur-telurnya di dalam tubuh induknya. Ukuran guppy jantan biasanya lebih pendek daripada guppy betina, tetapi warna guppy jantan lebih indah dan bervariasi. Ekor guppy jantan juga lebih lebar mirip kipas, sedangkan ekor betina lebih sempit. Makanan utamanya adalah plankton dan bahan organik, ada juga sebagian yang memakan dedaunan (herbivora).

Jenis-jenis Guppy

Saat ini terdapat ribuan jenis guppy dengan berbagai bentuk, warna, dan corak. Dari ribuan jenis tersebut terdapat empat warna dasar guppy yang dapat berkembang biak menjadi variasi-variasi warna yang lebih menarik. Keempat warna tersebut adalah abu-abu (grey), emas (gold), pirang (blonde), dan albino. Secara garis besar, guppy dikelompokkan berdasarkan bentuk ekor dan bersarkan corak warna tubuh.

Berdasarkan bentuk ekornya ada beberapa jenis guppy, yaitu delta tail yang memiliki ekor pendek, guppy veil tail yang memiliki ekor berbentuk segitiga dengan bentuk melebar di ujungnya, guppy ribbon yang memiliki pita dibawah perut, guppy swallow memiliki ekor yang membelah di ujungnya, dan guppy sword tail yang bagian bawah atau atas ekornya lebih panjang daripada bagian bawahnya.

Sementara itu, beberapa jenis guppy berdasarkan corak warna tubuhnya antara lain single coler yang memiliki warna merata pada seluruh tubuhnya (contohnya guppy full red, full black, black moscow, blue moscow, hijau, dan putih), guppy bi color yang memiliki dua warna pada tubuhnya, guppy mosaic yang memilki berbagai corak warna di seluruh bagian tubuh dan ekornya, guppy snakeskin yang memiliki corak warna kulit ular di ekornya, dan guppy metalik yang warna tubuhnya akan tampak berkilau saat terkena sinar matahari atau lampu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *